
JAKARTA | MIMBARRAKYAT.CO.ID – Di tengah perlambatan ekonomi global, fashion tetap menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat urban.
Berbusana dengan rapi dan pantas (well-dressed) dipercaya mampu meningkatkan kepercayaan diri.
Namun, di masa saat setiap pengeluaran diperhitungkan, konsumen menjadi lebih cermat dalam berbelanja produk fashion, mereka memastikan bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan setara dengan kualitas produk yang didapat.
Pentingnya fashion dalam kehidupan masyarakat Indonesia tercermin dari survei Feel Good, Look Great yang diadakan oleh Snapcart pada Januari 2025 lalu terhadap 4.989 orang.
Hasil survei menyatakan bahwa 35 persen responden menyatakan bahwa fashion merupakan bagian yang penting dalam hidup, sementara 30 persen menyatakan sangat penting.
Pada hasil survei ini pula dinyatakan bahwa mayoritas masyarakat di Indonesia memilih membeli produk fashion secara online (39 persen).
Selain itu, kualitas menjadi pertimbangan utama saat memilih produk, mengalahkan faktor harga.
Bagi banyak orang, berbelanja fashion adalah soal menemukan produk yang benar-benar cocok dengan gaya dan kebutuhan sehari-hari.
Ini menjadi tantangan bagi brand dan peritel fashion untuk dapat mengakomodasi kebutuhan masyarakat yang ingin mendapatkan produk berkualitas dan cocok untuk gaya personal walaupun berbelanja secara online.
Salah satu tantangan terbesar dalam membeli produk fashion secara online adalah memilih tas. Sebagai aksesori esensial dalam menunjang penampilan, tas harus terlihat proporsional dan sesuai dengan gaya personal.
Namun, tanpa bisa mencobanya langsung, banyak konsumen ragu dan khawatir salah pilih.
Menjawab kebutuhan ini, Perfect Corp., pemimpin global dalam teknologi kecantikan dan fashion berbasis augmented reality (AR) dan artificial intelligence (AI), kembali berinovasi dengan menghadirkan fitur terbaru, yaitu Shoulder Try-On.
Fitur ini dihadirkan oleh WANNA, sebuah penyedia solusi virtual try-on untuk fashion terkemuka dan brand dari Perfect Corp.
Dengan fitur revolusioner ini, penggunanya dapat mencoba tas secara virtual dan seakan-akan sedang menyandangnya di bahu, langsung dari layar ponsel mereka.
“Konsumen fashion masa kini mengharapkan pengalaman belanja digital yang menarik dan mendetail seperti saat berbelanja di toko,” ujar Zina Grossman, Head of Growth di WANNA, Selasa (17/6/2025).
Dengan peluncuran fitur shoulder try-on ini, konsumen mendapatkan pengalaman mencoba tas secara online ke level yang lebih tinggi dengan menggunakan pendekatan intuitif dan realistis. (Red)