Di Hari Pers Nasional 2023, Bupati Pulau Taliabu : Di Era Digitalisasi Pers Dituntut Menjadi Penjernih Informasi

TALIABU| MIMBARRAKYAT.CO.ID – Bupati Kabupaten Pulau Taliabu, Provinsi Maluku Utara (Malut), H Aliong Mus ST mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional tahun 2023 yang dilaksanakan di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara (Sumut).

Orang nomor satu Pulau Taliabu itu mengakui kebebasan pers sangat berdampak positif bagi keberlangsungan demokrasi dan pembangunan di daerah maupun pembangunan Nasional. “Selamat Hari Pers Nasional, semoga di momentum Hari Pers yang mengusung tema “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat” saat ini akan semakin meningkatkan peran serta tanggungjawab teman – teman Pers di Indonesia, terutama di daerah Taliabu untuk bisa bersinergi dan berkolaborasi bersama Pemerintah Daerah untuk menjawab setiap problem dan tantangan pembangunan di daerah, ” kata Bupati Aliong Mus melalui via pesan pribadi kepada wartawan, Kamis (09/02/2023) siang tadi.

Politisi Golkar Taliabu ini juga mengingatkan peran Pers menjelang tahun politik 2023 ini, bahwa pers sebagai salahsatu penyangga demokrasi memiliki peran besar dan penting dalam meningkatkan kemajuan sehingga insan Pers di Kabupaten Pulau Taliabu diingatkan agar lebih profesional dan bertanggungjawab dalam menjawab setiap tantangan kemajuan teknologi dan informasi saat ini, terutama pada tahun tahun politik yang akan berlangsung di 2024 nanti peran pers sangat dibutuhkan sebagai penjernih informasi.

“Saya melihat kerja- kerja Pers selama ini sangat berperan penting dalam menjawab dinamika sosial, dan tantangan pembangunan di Taliabu. Namun di era digitalisasi saat ini Pers lebih dituntut lagi untuk menjadi penjernih informasi, terutama memasuki tahun tahun politik ke depan. Sebab saat ini ada banyak informasi di media sosial lainnya yang kebenarannya tidak akurat, tidak tertanggungjawabkan tapi selalu merajalela di masyarakat. Ada banyak isu-isu yang tidak benar dipercayai sebagai sesuatu yang benar, apalagi sudah masuk tahun politik isu-isu yang belum diakui keberadaannya selalu menjadi wacana masyarakat. Ini menjadi tantangan tersendiri bagi teman -teman Pers agar bisa menjadi penjernih informasi sehingga dengan informasi yang disajikan bisa berimbang sesuai fakta sekaligus menjawab kebutuhan informasi yang akurat bagi masyarakat, ”jelasnya.

Aliong Mus, Bupati jilid 2 itu, meminta kepada pekerja Pers di Kabupaten Pulau Taliabu untuk ikut serta bersama Pemerintah Daerah dalam mewujudkan kemajuan pembangunan dengan mempublikasi potensi daerah dan mewujudkan pencerahan bagi masyarakat dengan berita berita yang akurat, berimbang dan mencerdaskan.

“Harapannya, semoga Pers Indonesia lebih maju, dan terus berperan penting mewujudkan masyarakat yang maju dan cerdas, melalui penyajian berita berita yang bertanggungjawab dan akurat, terutama bagi teman teman Pers Taliabu juga tentunya, ”harap Bupati. (Bumay/Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *